Peringati Maulid Nabi, Loreng Majasem Gelar Majasem Bershalawat

  • Sep 15, 2024
  • Amir M Sinnangga

 

Renata.kim.id, Majasem - Dalam rangka memperingati hari kelahiran (Maulid) Nabi Muhammad Saw, Komunitas Pemuda Pereng Lor/Lor Pereng Desa Majasem, Kecamatan Kemangkon menggelar Majasem Bershalawat. Kegiatan dilaksanakan di lapangan Desa Majasem pada hari Sabtu (14/9/2024) malam.

"Kegiatan ini dimotori oleh pemuda pemudi Loreng yang bekerjasama dengan Karangtaruna Desa Majasem. Tujuannya untuk memperingati maulid Nabi Muhammad Saw," ungkap Ketua Pemuda Loreng, Aris kepada Mercusuar di sela-sela berlangsungnya acara.

Aris menyampaikan, kegiatan bertajuk Majasem Bershalawat tersebut dihadiri oleh ribuan pecinta shalawat Zahir Mania di kecamatan Kemangkon pada umumnya dan desa Majasem pada khususnya. Kegiatan tersebut menurutnya merupakan kerjasama Loreng beserta Nahdlatul Ulama dan Badan Otonomnya, seperti GP Ansor, Banser, Muslimat dan Fatayat.

"Yang datang mayoritas Zahir Mania di seluruh Kecamatan Kemangkon. Walau juga banyak Zahir Mania yang datang dari kecamatan lain. Dan ini terbilang sukses berkat dukungan dari NU dan Banomnya,"ujarnya.

Terkait pembiayaan, Aris menjelaskan, seluruh biaya ditanggung oleh Komunitas Loreng. Tapi menurutnya, Karangtalun Desa' Majasem juga menyumbang dana untuk tarub dan makanan.

"Semua biaya ditanggung Loreng. Cuma Loreng juga tidak bergerak sendiri, ada beberapa sponsor dan juga Karangtaruna yang membantu," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, acara yang  berlangsung dari pukul 20.00 Wib hingga 24.00 wib dihadiri juga oleh forkompincam Kemangkon serta pemerintah desa setempat. Disamping itu, hadir pula dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Purbalingga, MWC NU Kemangkon, Ranting NU Desa Majasem beserta badan otonomnya.

"Pak Camat Dedi Kurniawan hadir, pak Kapolsek Iptu Heri Iskandar juga hadir. Dari PCNU hadir Sekretaris PCNU bapak Salim Efendi,dari MWC bapak Muslim, dari ranting Kyai Satori. Hadir juga Ketua PKB Kabupaten Purbalingga, bapak Aman Waliyudin. Kemudian Babinsa dan Babinkantibmas juga hadir," terang Aris.

Camat Kemangkon Dedi Kurniawan mewakili Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Majasem Bershalawat. Pihaknya senantiasa mendukung kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh warga masyarakat di kecamatan Kemangkon, termasuk Majasem Bershalawat kali ini.

"Atas nama pemerintah kabupaten Purbalingga, kami menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan Majasem Bershalawat ini. Kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Kemangkon Iptu Heri Iskandar juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah menggelar acara dengan aman dan tertib. Dari Mukai dibuka hingga selai semuanya aman, tertib, tidak ada gangguan kamtibmas.

"Kami sampaikan terimakasih kepada panitia dan semua yang terlibat pada acara ini. Karena acara yang meriah ini berjalan dengan aman dan tertib," ujarnya.(Angga)