KUBE Unggul Bumi Perwira Kalimanah Lakukan Budidaya Buah Melon

  • Jun 20, 2024
  • Amir M Sinnangga

Renata.kim.id, Purbalingga - Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Unggul Bumi Perwira Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga melakukan penanaman bibit buah melon di lahan milik salah seorang anggotanya di Desa Sidakangen, Rabu (19/6/2024). Penanaman dilakukan oleh seluruh anggota KUBE dan didampingi salah satu Tim KJF Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga Naniek Istiqomah serta Cindy Laeli Agustin

Dan Tutut selaku PPL Kecamatan Kalimanah.

"Kegiatan seperti ini baik sekali untuk memajukan petani. Kami sangat mendukung dan apresiasi," ungkap salah satu Tim KJF Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Naniek Istiqomah saat mengikuti penanaman bibit melon KUB Unggul Bumi Perwira, Kamis (19/6/2024).

Naniek mengatakan, KUB Unggul Bumi Perwira bisa menjadi media pengembangan dan pelayanan petani secara reguler. "Penanaman bibit melon ini bisa menunjukan KUB Unggul Bumi Perwira serius dalam memajukan petani di lingkungannya," katanya.

Sementara, Ketua KUBE Unggul Bumi Perwira Kecamatan Kalimanah, Sidik mengatakan, KUB Unggul Bumi Perwira berdiri atas kesepakatan sejumlah petani di Kecamatan Kalimanah untuk mendirikan badan usah yang bisa membantu memajukan petani.

"Berawal dari keresahan para petani tentang beberapa hal, termasuk melihat hasil produksi yang tidak maksimal dan harga yang sering dimainkan para tengkulak, kita dan teman-teman sepakat mendirikan KUB. Tujuannya memajukan petani," katanya.

Program berikutnya KUBE Unggul Bumi Perwira adalah membangun jaringan d ngan petani dan pedagang hasil pertanian anggota maupun warga. Program tersebut akan diawali dengan melakukan pelatihan dan pendataan petani yang bisa diajak kerjasama.

"Kita akan membuat jaringan usaha dengan petani yang lain. Kita akan melakukan pelatihan, agar petani-petani bisa diajak kerjasama memajukan hasil pertanian masing-masing," lanjutnya.

Senada dengan Sidik, salah satu pengurus KUBE Unggul Bumi Perwira yang lahan sawah ya dijadikan budidaya melon, Wahyudi Awan mengatakan, keresahan warga terhadap hasil panen selama ini dan petani yang minim pengetahuan soal budidaya, KUB Unggul Bumi Perwira akan membantu mencarikan jalan keluarnya.

"Salah satunya mengakomodir hasil panen yang tidak dicover tengkulak, memberikan wawasan soal budidaya tanaman selain padi untuk lahan yang krisis air," ungkapnya.

Wahyudi Awan menjelaskan, Penanaman melon di lahan garapannya merupakan contoh bahwasanya petani harus kreatif dan modern. Tidak harus terpaku pada satu mode tanam, yakni model konvensional.

"KUBE Unggul Bumi Perwira akan memberikan pendampingan cara bertani yang modern. Petani-petani mudah sudah saatnya bangkit menjadi petani modern, petani yang siap dengan kebutuhan pasar dengan cara yang modern. Kalau malu mencangkul, sudah ada traktor Kalau tidak kuat menggendong Tanki semprot, sekarang sudah ada semprot menggunakan drone," ujarnya.

Wahyudi Awan juga menyampaikan, setelah penanaman bibit buah melon, selanjutnya akan melakukan penanaman bibit buah semangka dan terong.

"Lahan dan bibit sudah disiapkan. Tinggal nunggu saat penanaman," terangnya.(Angga)